KISI2 UJIAN SEKOLAH SMK PETRUS

Salam budaya,,,

Untuk mengdownload Kisi-kisi soal seni budaya SMK Petrus Kanisius Klaten. Silakan buka disini.

Nuwun.

Jadwal Kursus OW

Dalang Cilik : Hari Kamis, dan Sabtu jam 16.00 s/d selesai.
Dalang Dewasa : Hari Sabtu, jam 20.00 s/d selesai.
Kethoprak : Hari Kamis, jam 20.00 s/d selesai.

Salam Budaya,,

SELAMAT DATANG

Jumat, 10 Desember 2010

Selamat Datang

di Omah Wayang Klaten



Omah Wayang Klaten merupakan satu-satunya dealer seni di Kabupaten Klaten. Banyak Kegiatan yang dilakukan oleh Oemah Wayang Klaten, antara lain :
1. Berbagai macam Work Shop (Lihat di Halaman Work Shop).
2. Pelatihan Tatah Sungging, Karawitan, Kethoprak, Tari.
3. Pembelajaran Baca tulis Aksara Jawa.
4. Macapatan dll.


Selain bermacam-macam kegiatan tersebut, Oemah Wayang Klaten juga menyediakan sauvenir cantik. Sauvenir tersebut berupa kerajinan kulit dengan desain wayang yang kesemuanya hand made masyarakat sekitar Oemah Wayang Klaten. (Lihat di Halaman Souvenir).


Kehadiran blog ini diharapkan bisa melengkapi upaya kami untuk nguri-uri Budaya Jawa. Blog ini selain memberi deskripsi mengenai Oemah Wayang juga akan berusaha untuk menghadirkan pengetahuan mengenai Budaya Wayang. Saran dan komentar anda sangat kami harapkan demi Lestarinya Budaya Jawa.


Matur Nuwun, Salam Budaya.


LATAR BELAKANG BERDIRI

Omah Wayang Klaten merupakan sebuah pusat studi Pertunjukan Seni Tradisional  Jawa. Oemah Wayang Klaten berdiri atas keprihatinan kami terhadap kondisi kesenian tradisional Jawa yang semakin terpuruk. Keterpurukan tersebut disebabkan masyarakat Jawa tidak lagi tepung, srawung dan dunung dengan seni-seni tradisi Jawa yang ada. Di tengah keterpurukan seni Jawa tersebut, masyarakat seni dunia justru mempelajari dan mengapresiasi seni tradisi Jawa dengan getol.
Berbekal dengan kesederhanaan, tekat dan keyakinan, kami memberanikan diri untuk memberikan apresiasi seni terhadap masyarakat Klaten. Langkah yang kami tempuh adalah dengan memadukan pendidikan non formal dengan seni budaya dalam satu wadah.  Wadah ini bernama PKBM Dewi Fortuna.
Oemah Wayang dikelola oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewi Fortuna, salah satu lembaga Pendidikan Non Formal yang berbasis seni tradisional Lembaga ini didirikan oleh Ki. Tmg. Suwito Radyo, S.Kar (Seniman ) Drs. Nuryanto M.Hum (Dosen) Kristian Apriyanta, S.Pd (swasta). Sebagai  Lembaga Pendidikan non Formal yang berbasis seni, Oemah Wayang Klaten merupakan pusat kegiatan belajar, berkarya dan berkesenian di Kab. Klaten.

Adapun kegiatan-kegiatan yang kami adakan adalah memberikan program-program pengenalan, pendalaman, pelatihan dan apresiasi seni budaya tradisional wayang dengan segala aspeknya secara “live In” . Diharapkan usaha ini akan mampu memberikan energi baru guna memberdayakan warga belajar pendidikan non formal serta mampu mendukung tumbuh, kembang dan lestarinya seni budaya tradisional Jawa serta mampu memberikan kontribusi wisata budaya di Kab. Klaten.

Letak
Oemah Wayang menempati kebon seluas 800 M berkonsep ndeso. Berada ditengah-tengah rumah penduduk dengan infra struktur : Ruang Teori kapasitas 30 Org, Multimedia Audio Visual System, Gubug Workshop, Panggung Terbuka, Gasebo, Rest Area, KM/WC Taman Bacaan Masyarakat, Gamelan, Wayang . Suatu kehormatan bagi kami apabila anda mengunjungi/bergabung dengan komunitas di Omah Wayang Klaten. Dengan kesederhanaan dan keterbatasan kami akan menerima anda sebagai bagian dari keluarga seni budaya Omah Wayang Klaten.

4 comments:

Gonjang mengatakan...

Ini Adalah Awal... terus berjuang memaknai hidup melalui ketahanan seni budaya lokal

BPK Oi Klaten mengatakan...

kami mendukoengmoe !!!

Anonim mengatakan...

Sip... lengkapi foto-fotonya bang didik !!

Oemah Wayang Klaten mengatakan...

Mas Gonjang & BPK OI trimakasih dukungannya
@Anonim : Sedang saya proses, trimakasih sarannya.

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto Saya
Oemah Wayang Klaten
Lihat profil lengkapku

Chat

Art & Artist Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Kerjasama Bareng :

Kerjasama Bareng :

Blogger templates